Tips Menghadapi Tes Seleksi Wawancara Beasiswa Fulbright

Tips Menghadapi Tes Seleksi Wawancara Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S2 di Amerika Serikat.

Adapun semua program master yang diambil bisa mengikuti program beasiswa ini, kecuali untuk jurusan kedokteran atau yang ada kaitannya dengan layanan pasien klinis, tak mengherankan apabila beasiswa penuh atau fully funded ini juga selalu diburu oleh banyak orang.

Dengan demikian, persiapan matang benar-benar dibutuhkan terutama ketika akan menjalani tes wawancara, terlebih dalam program beasiswa ini juga terdapat dua tahapan tes wawancara. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencobanya, pastikan anda mengikuti beberapa tips berikut ini untuk menghadapi seleksi wawancara Beasiswa Fulbright.

Tips Menghadapi Tes Seleksi Wawancara Beasiswa Fulbright

Menguasai berkas pendaftaran

Perlu diketahui, berkas pendaftaran yang anda ajukan tidak hanya sekedar menjadi formalitas atau syarat administrative saja, melainkan para panelis juga akan mempelajari profil para kandidat melalui berkas tersebut. dengan begitu maka menjadi kewajiban bagi para kandidat agar menguasai sepenuhnya apa yang sudah ditulis dalam berkas pendaftaran tersebut.

Adapun sejumlah beberapa berkas yang ada mencakup formulir pendaftaran, esai study objective, serta 2 surat rekomendasi dari tempat kerja maupun dosen pembimbing akademik. Namun yang menjadi hal penting adalah pada esai study objective yang nantinya akan digali ketika menjalani tes wawancara, maka dari itu persiapkan dengan baik penguasaan anda terhadap esai yang telah anda buat.

Pelajari program studi yang dituju

Tidak hanya esai saja, panelis juga nantinya akan menanyakan program studi dan universitas yang akan diambil. Yang menjadi perhatian adalah jawaban dari kandidat itu sendiri bisa, panelis kemudian akan mempertimbangkan kesungguhan para kandidat sesuai pilihannya.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Program Beasiswa Full S1 Luar Negeri Terbaik

Dengan begitu, alangkah baiknya bagi anda untuk menggali lebih dalam mengenai prodi dan kampus yang akan diambil, pastikan pilihan tersebut benar – benar berasal dari diri anda dengan berbagai alasan yang korelatif.

Riset isu terkini

Selain memiliki alasan yang kuat terhadap pemilihan prodi dan kampus, nantinya para kandidat juga akan ditanyakan berbagai hal lainnya, seperti sistem kesehatan, opini kandidat, serta apa saja yang akan dipelajari nantinya. Karna alasan itulah maka menjadi kewajiban bagi anda untuk mengetahui berbagai isu terkini di amerika, khususnya yang terkait dengan banyak hal yang berhubungan dengan pilihan anda tersebut.

Persiapan dan latihan

Ada banyak persiapan yang harus dilakukan ketika akan menjalani tes wawancara, selain meningkatkan intensitas anda dalam berlatih, mencari info mengenai lokasi wawancara dan akses menuju ke lokasi tersebut menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan. Anda hanya perlu focus pada persiapan tersebut karna soal biaya sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak AMINEF dan Fulbright.