Mengenal Berbagai Ukuran Kertas F4 Beserta Cara Mengaturnya

Mengenal Berbagai Ukuran Kertas F4 Beserta Cara Mengaturnya

Dalam mengerjakan tugas, baik di sekolah, kampus, atau di kantor pastinya kertas menjadi barang yang berperan sangat penting sebagai bentuk fisik dari apa yang kita kerjakan. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa ukuran kertas yang sering digunakan dalam hal percetakan, salah satunya ialah kertas folio atau yang biasa disebut juga dengan kertas F4.

Kertas ini sering digunakan untuk menggandakan dokumen dan mencetak foto baik dari Microsoft Word maupun Excel. Lalu, berapakah ukuran kertas F4 yang sebenarnya? Apa fungsi dan perbedaannya dengan kertas lainnya? Serta bagaimana memilih kertas F4 dengan kualitas yang baik? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, mari simak ulasannya dalam artikel ini.

Mengenal Berbagai Ukuran Kertas F4

Sebenarnya kertas F4 bukan ukuran kertas dalam standar internasional, sehingga tidak ditemukan di menu Page Layout Microsoft Word, Excel, atau PDF. Jika diukur dalam satuan cm, kertas F4 memiliki ukuran 21,59 x 33 cm, dan dalam satuan mm, menjadi 215 x 330 mm, tergantung pada jenis printer yang digunakan. Berikut ini konversi ukuran kertas F4 di berbagai satuan yang berbeda:

  • Dalam satuan cm, 21,5 untuk panjang kertas dan 33 untuk lebar kertas
  • Dalam satuan inch, 8,74 untuk panjang kertas dan 12,99 untuk lebar kertas
  • Dalam satuan mm, 215 untuk panjang kertas dan 330 untuk lebar kertas
Beasiswa Bergengsi  Milangkala ke-109, Paguyuban Pasundan Siapkan Beasiswa Hingga Pascasarjana dan Rumah Sakit

Apa Perbedaan Kertas A4 dan F4?

Kertas A4 berukuran 210 x 297 mm (8,3 x 11,7 inch) yang sering digunakan saat mencetak skripsi atau makalah, bahkan untuk fotocopy. Kertas A4 juga sering digunakan sebagai kertas buku gambar yang kecil. Perbedaan kertas A4 dan F4 terletak pada ukurannya, kertas F4 lebih panjang dan lebar dibanding kertas A4. Kertas F4 berukuran 216 x 330 mm (8,5 x 13 inch).

Kertas F4 juga disebut kertas HVS atau folio, namun bukan folio bergaris. Kertas ini digunakan sebagai kertas fotocopy dan print dokumen – dokumen penting. Namun, kertas F4 jarang digunakan sebagai kertas untuk print makalah, karena ukurannya yang terlalu lebar yang membuatnya kurang ringkas.

Apa Saja Fungsi Kertas F4?

Banyak sekali fungsi dari kertas F4 dalam dunia fotocopy, apalagi kertas ini juga cocok untuk semua mesin, mulai dari GMS 60, 70, dan 80. Beberapa fungsinya biasanya digunakan dalam penggandaan dokumen, sebagai media untuk menulis atau menggambar, bahkan untuk berbagai proyek yang memerlukan uraian dalam bentuk teks.

Selain itu, kertas F4 bisa dipakai untuk keperluan – keperluan lainnya. Biasanya, orang – orang yang memilih menggunakan kertas F4 untuk membuat file dokumennya ialah karena sudah terbiasa atau karena mengikuti aturan yang berlaku.

Bagaimana Cara Mengatur Ukuran Kertas F4?

Secara umum, setiap kertas dibuat dengan ukuran berbeda – beda, sehingga dibutuhkan pengaturan terlebih dulu saat hendak menggunakannya. Begitu juga untuk kertas F4 meskipun sudah ada pilihannya di aplikasi Word atau Excel. Namun, jika di komputer belum atau tidak tersedia, anda bisa mengikuti langkah – lenkah berikut ini untuk mendapatkan ukuran kertas F4 yang presisi.

  • Mengubah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Banyak orang yang merasa kesulitan saat hendak mencetak dokumen di Microsoft Word, karena ukuran kertas yang diinginkan ternyata tidak tersedia. Jika dokumen yang dibuat menggunakan jenis kertas F4, maka anda harus menambahkan ukuran kertas F4 dalam daftar page layout Word.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa S2-S3 di Australia 2022

Caranya mudah, pilih saja menu page layout di halaman Ms. Word, dan pilih menu size dan more paper size. Kemudian ganti custom size menjadi 21,59 cm di kolom width, dan 33 cm di kolom height. Bisa dengan 8,5” dalam satuan inci di kolom width dan 13” di kolom height. Lalu klik ok, maka secara otomatis halaman kertas tersebut berubah menjadi F4 atau HVS.

  • Mengubah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Excel

Jika anda membutuhkan kertas F4 di Ms. Excel, maka lakukan pengaturan terlebih dahulu. Caranya buka aplikasi Ms. Excel, dan pilih menu page layout di bagian atas kertas. Lalu pilih size untuk melihat daftar ukurannya. Kemudian, pilih ukuran folio jika ingin menggunakan kertas F4, karena folio disebut sebagai F4.

Jika semua lengkah selesai dilakukan, selanjutnya atur posisi kertas sesuai kebutuhan, dan mengatur penempatan posisinya, apakah mau dijadikan portrait atau landscape. Setelah itu, klik ok untuk menyelesaikan pengaturan ukuran kertas dan menyimpan pengaturan yang telah dilakukan.

  • Mengubah Ukuran Kertas F4 di Adobe Reader

Saat ingin mencetak dokumen PDF melalui APK Adobe Reader, biasanya dokumen tersebut akan dibuat dalam ukuran kertas A4 secara otomatis. Namun, jika anda ingin mencetak dokumen PDF dalam ukuran kertas F4, ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan untuk mengubahnya, yaitu:

Buka APK Adobe Reader – klik menu file dan print – cari menu page setup – ubah ukuran kertas menjadi legal (F4). Jika ukurannya sesuai pada menu tersebut, beri tanda radio bottom custom scale, lalu ubah value dari 100% ke 90% dan klik tombol print.

Cara Memilih Kertas F4 dengan Kualitas Terbaik

Setelah mengetahui ukuran kertas F4 dan cara mengaturnya, berikut ini cara memilih kertas F4 yang bisa anda lakukan.

  • Memperhatikan Merek

Sebelum membeli kertas F4, sebaiknya kenali dulu merek yang ada di pasaran, karena setiap merek memiliki harga berbeda – beda. Selain itu, kualitas kertasnya juga bervariasi, ada yang berkualitas baik dan ada yang biasa – biasa saja, sehingga mudah rusak. Sebelum membeli, tentukan juga mau digunakan untuk apa kertas tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Beasiswa Taiwan ICDF Scholarship 2023 Resmi Dibuka, Kesempatan Kuliah Gratis S2 & S3 Dengan Banyak Benefit

Jika kertas F4 digunakan untuk mencetak dokumen penting, tentu anda harus memilih merek terbaik. Namun, jika hanya untuk menggandakan buku atau dokumen yang tidak terlalu penting di tempat fotokopi, maka anda bisa menggunakan jenis kertas biasa.

  • Gramasi Kertas

Gramasi atau sekala GSM ialah berat dari kertas tersebut. Ada banyak kertas F4 yang beredar di pasaran dengan ukuran berbeda – beda, ada jenis kertas yang gramasinya 60 GSM dan 80 GSM. Biasanya jenis 60 dan 70 GSM sering digunakan di tempat fotokopi. Sementara, untuk jenis 80 GSM biasanya digunakan di kantor untuk mencetak dokumen penting.

  • Warna dan Bahan

Anda juga harus memperhatikan warna dari kertas F4. Biasanya warna kertas F4 yang sering digunakan ialah putih, namun ada juga warna kuning, pink, biru, dan hijau. Kertas F4 yang berwarna biasanya lebih mahal dari pada yang berwarna putih.

Demikian lah penjelasan lengkap mengenai ukuran kertas F4 beserta dengan serba – serbi dari jenis kertas yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *