Daftar Beasiswa Ekstensi D3 ke S1

Daftar Beasiswa Ekstensi D3 ke S1

Bagi pelajar yang masih duduk di bangku SMA atau SMK dan sederajat mungkin istilah perkuliahan masih belum terlalu dipahami dengan betul, hal itu juga yang seringkali membuat mereka lebih cenderung untuk asal dalam memilih jenis pendidikan yang akan ditempuhnya selama masa kuliah nanti.

Masalahnya, beberapa kasus justru menempatkan mahasiswa baru tersebut pada jenjang yang lebih rendah, misalnya saja seperti D3. Biasanya mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya akan tertantang dan ingin kembali melanjutkannya ke jenjang lebih tinggi yakni S1, hal itulah yang kemudian melahirkan program ekstensi yang menjadi jembatan untuk peralihan jenjang tersebut.

Sebagaimana diketahui, program ekstensi merupakan program pendidikan tinggi lanjutan dari D3 ke S1 atau yang kerap disebut juga sebagai alih profesi. Kita tahu, dalam perguruan tinggi terdapat beberapa pilihan untuk mahasiswanya dapat melanjutkan pendidikan, diantaranya ada Diploma (D3 dan D4) untuk Sekolah Vokasi dan Sarjana atau Strata 1 (S1).

Jenjang D3 sendiri ditempuh selama 3 tahun dengan gelar Ahli Madya (A.Md), D4 dan S1 ditempuh selama 4 tahun dengan gelar Sarjana. Namun sayangnya, tidak semua universitas di Indonesia menyelenggarakan program ekstensi seperti ini atau malah bisa dikatakan sangat jarang sekali. Nah, bagi anda yang kini sedang mencari informasi mengenai program ekstensi apa lagi dengan beasiswa ekstensi D3 ke S1, maka berikut adalah daftar universitas yang bisa anda tuju.

Daftar Beasiswa Ekstensi D3 ke S1

Institut Pertanian Bogor

Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program beasiswa ekstensi D3 ke S1 adalah Institut Pertanian Bogor. IPB memberikan kesempatan bagi anda yang ingin menimba ilmu ke jenjang lebih tinggi, adapun jurusan yang tersedia adalah S1 Ilmu Manajemen, Ilmu Komputer, dan Agribisnis.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kuliah Untuk Lulusan SMA / Sederajat

Universitas Airlangga

Belum cukup dengan jurusan yang disediakan oleh IPB, anda juga bisa mencoba program ekstensi dari D3 ke S1 di Universitas Airlangga Surabaya. Di sini ada beberapa program studi yang bisa anda pilih seperti S1 Pendidikan Bidan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Ners, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, serta Sastra Inggris.

Institut Teknologi Sepuluh November

Tak mau kalah dengan UNAIR, ITS juga turut menghadirkan program lintas jalurnya yang meliputi S1 Statistika, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Sistem Perkapalan, dan Teknik Elektro.

Universitas Negeri Surabaya

Salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Surabaya ini juga turut membuka program alih jenjang D3 ke S1 dengan pilihan jurusan Teknik Sipil dan Pendidikan, serta Teknik Bangunan.

Universitas Indonesia

Daftar perguruan tinggi dengan beasiswa ekstensi D 3 ke S 1 yang selanjutnya adalah UI, Universitas Indonesia sendiri telah menyediakan setidaknya 4 jurusan dengan program ekstensi yang meliputi S1 Manajemen, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Keperawatan.

Universitas Negeri Jakarta

Berlokasi di ibukota, Universitas Negeri Jakarta juga menyediakan beberapa program ekstensi yang bisa anda tempuh, antara lain S1 Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Busana, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Rias, dan Pendidikan Teknik Mesin.

Universitas Telkom

Hampir sama seperti program studi lainnya yang juga tersedia di perguruan tinggi ini, Universitas Telkom atau yang kerap disebut Tel-U ini juga turut menyediakan program ekstensi bagi mahasiswanya yang meliputi S1 Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Sistem Komputer, Administrasi Bisnis, dan Akuntansi.

Universitas Mercu Buana

Bagi anda yang ingin mengikuti program ekstensi D3 ke S1 dengan Kelas Karyawan maka Universitas Mercu Buana bisa menjadi referensi anda, karna tidak hanya jenjang S1 saja melainkan juga terdapat alih jenjang lainnya bahkan hingga S3. Penasaran? Berikut beberapa jurusan yang tersedia untuk program ekstensi mulai dari S1 Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi, Desain Produk, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Broadcasting, Public Relation, Marketing Communication n Advertising, dan Psikologi Umum. S2 Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Elektro, dan Magister Teknik Sipil. S3 Program Doktor Manajemen.

Beasiswa Bergengsi  Cara Membuat Essay Beasiswa

Universitas Bina Nusantara

Namanya mungkin sudah tak asing lagi dan mulai dikenal oleh banyak orang di berbagai daerah, Universitas Bina Nusantara juga nyatanya turut menghadirkan program ekstensinya dengan berbagai jurusan yang tersedia seperti S1 Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan Sistem Informasi.

Universitas Bakrie

Universitas Bakrie juga mempunyai kelas ekstensi, adapun beberapa program studi yang tersedia antara lain S1 Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, dan Teknik Sipil.

Universitas Diponegoro

Jika sebelumnya Universitas Diponegoro tidak pernah menyelenggarakan program ekstensi untuk mahasiswanya, maka kabar baik datang kali ini karna di tahun ini juga UNDIP telah menghadirkan program ekstensi dari D3 ke S1 dengan pilihan jurusan program studinya seperti Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur. Namun sayangnya, mahasiswa yang bisa mengikuti program ekstensi tersebut harus lah berasal dari lulusan Universitas Diponegoro juga, artinya anda tidak bisa beralih jenjang jika sebelumnya telah lulus dari kampus lain.

Politeknik Negeri Semarang

Yang satu ini mungkin akan terdengar cukup unik, nama program alih jenjang D3 ke S1 di Politeknik Negeri Semarang adalah STLJ atau Sarjana Terapan Lanjut Jenjang. Program ini ditujukan untuk memberi kesempatan bagi lulusan D3 agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam Program STLJ, mahasiswa akan menempuh perkuliahan setidaknya selama 3 – 4 semester saja dengan pilihan waktu kuliah sore yang sedari awal memang ditujukan agar mahasiswa yang berasal dari kalangan pekerja tetap bisa mengikuti kuliah selepas bekerja.

Politeknik Negeri Malang

Program alih jenjang di Politeknik Negeri Malang diberi nama RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau, namun sayangnya ketersediaan pilihan program studinya tidak lah banyak karna hanya tersedia jurusan Manajemen Rekayasa Konstruksi saja. Meski begitu, ada yang menarik dari Politeknik Negeri Malang karna tersedia juga program ekstensi bagi alumni D2 untuk bisa melanjutkan studinya ke D4.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Luar Negeri Yang Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2022

Politeknik Negeri Ujung Pandang

Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan bagi para Lulusan D3 khusunya Politeknik, Jurusan Teknik Sipil di Politeknik Negeri Ujung Pandang juga turut membuka Program Kelas Alih Jenjang S1 dengan pilihan Program Studi Jasa Konstruksi. Itu artinya Politeknik Negeri Ujung Pandang juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa alumni D3 Teknik Sipil yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Itulah sekelumit informasi mengenai universitas yang menyediakan program alih jenjang atau ekstensi dari D3 ke S1 yang bisa anda coba, beberapa di antaranya juga terdapat program beasiswa ekstensi D3 ke S1 yang pastinya bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Semoga artikel singkat dari kami kali ini bisa memberikan manfaat untuk anda, selamat mencoba.